Iklan

E-tukang.id
Layanan teknis untuk berbagai kebutuhan pembangunan, renovasi ataupun perawatan rumah, bangunan, furniture, serta properti lainnya
http://E-tukang.id

Daftar Gmail Buat Akun Google
Dapatkan pelanggan baru dengan mempromosikan bisnis anda disini
Email: EdwinDoddyTanjaya@Gmail.com

Daftar Fb Bikin Akun Facebook
Iklan kan bisnis anda disini dan dapat keuntungan yang besar
edwin.dtanjaya.7

Minggu, 25 Maret 2018


BantenUntuk mengantisipasi dan mengatasi masalah pengelolaan data dengan sistem data yang tertata baik. Atas pertimbangan diatas penulis membuat sistem informasi yang akan mampu menampilkan informasi sumberdaya ikan. Tujuan penelitian ini adalah membuat tampilan kunci identifikasi ikan, tampilan informasi umum sumberdaya ikan yang berbasis mobile web dan membuat sarana penyimpanan informasi sumberdaya ikan. Penelitian dilaksanakan dari bulan September 2011 hingga Juni 2012. Metode dalam pembuatan aplikasi ini mengacu pada siklus pengembangan sistem dengan model Waterfall, yaitu terdiri dari tahap investigasi, tahap analisa kebutuhan, tahap perancangan, tahap implementasi & uji coba serta tahap perawatan (Mulyanto 2008). 

Aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Perikanan (FISH) dirancang berbasis mobile web agar pengguna dapat mudah mengakases aplikasi ini lewat komputer, laptop dan handphone. Aplikasi FISH menggunakan database server MySQL versi 5.5.8 dengan editing query menggunakan PhpMyAdmin versi 3.3.9 yang dapat langsung diakses oleh perangkat lunak PHP (Hypertext Preprocessor) versi 5.3.5. Situs web dapat diakses dengan menggunakan berbagai macam browser internet (Mozilla Firefox atau Internet Explorer). Aplikasi yang dihasilkan pada penelitian ini diberi judul Sistem Informasi Sumberdaya Perikanan (FISH). 

Hasil gambar untuk Sistem Informasi Sumberdaya Perikanan Berbasis Mobile Web

Pada aplikasi FISH terdapat lima menu utama, yaitu menu Identifikasi, menu Informasi Umum, menu Kamus, menu Bantuan dan menu Tentang. Aplikasi ini juga menyediakan form untuk administrator agar dapat melakukan proses memperbaiki, menghapus dan memperbaharui data. FISH merupakan sarana untuk menyajikan langkah-langkah dalam identifikasi famili dan spesies serta menyediakan informasi tentang kondisi perairan penelitian, kondisi perikanan, deskripsi umum ikan, reproduksi ikan, stok ikan, kebiasaan makanan ikan, dan bioekonomi ikan.

Informasi dan data yang tersedia hanya sebagai basis data untuk menunjang rencana pengelolaan perikanan. Oleh karena itu, diharapkan aplikasi FISH dapat memenuhi kebutuhan akan informasi sebagai acuan dalam pengelolaan, pengembangan dan pemanfaatan perikanan yang berkelanjutan. Aplikasi FISH dapat diakses di situs web http://www.katieshop.net/nimas/famili/index.php.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar